Pages

Sabtu, 01 September 2012

Bahaya Headset Bagi Pendengaran dan Otak.


Kebiasaan menggunakan headset atau earphone ternyata mempunyai efek yang negatif untuk telinga dan otak. Berdasarkan penelitian, efek buruk akan datang jika kita menggunakan earphone selama lima jam dalam seminggu dengan tingkat volume yang tinggi. Penggunaan earphone atau headset memang sangat membantu kita dalam menikmati musik atau bahkan menelpon. Namun, penggunaan headset dengan berlebihan justru akan merusak telinga dan kerja otak kita.
Kebiasaan mendengarkan portable music player (PMP), seperti MP3 player, bisa membuat telinga cedera. Itu terjadi jika kita terlalu sering memakai earphone atau headphone bervolume tinggi.

Berdasar penelitian, efek buruk datang jika menggunakan earphone selama lima jam dalam seminggu. Dampaknya adalah kerusakan permanen pada telinga.Kemungkinan terbesar hal itu terjadi pada usia muda.
Saat ini mungkin dampaknya belum terlihat, namun kelak akan terasa. “Mendengarkan pemutar musik personal secara reguler dalam volume tinggi ketika muda sering kali tidak berdampak pada pendengaran. Namun, kelak kemampuan mendengar bisa menghilang,” jelas salah seorang peneliti pada International Herald Tribune.


Berikut efek negatif headset atau earphone untuk kesehatan tubuh:
1. Efek penggunaan earphone atau headset yang berlebih ini memang tidak akan langsung terasa. Kerusakan akibat penggunaan headset atau earphone yang berlebihan ini akan muncul secara perlahan, biasanya efek akan mulai terasa di usia 20-an. Di usia itu, si penderita akan mulai kehilangan pendengarannya.
2. Gelombang elektromagnetik akibat earphone atau headset ini diduga berpengaruh terhadap listrik otak.
3. Paparan musik dengan earphone atau headset dapat mempengaruhi ambang pendengaran manusia, terutama bila dilakukan dengan volume keras dan dalam jangka waktu lama.
4. Kerusakan permanen pada telinga.

Semoga Bermanfaat gan.

0 komentar:

Posting Komentar